Liburan Di Bali Nggak Akan Seru Tanpa Mengunjungi 10 Tempat Terfavorit Ini

Tidak salah rasanya bila Bali disebut-sebut sebagai salah satu primadona wisata di Indonesia. Namanya mendunia, hingga tak jarang masyarakat global mengenal Indonesia melalui Bali. Tidak hanya wisatawan domestik, bahkan turis mancanegara pun terkesan dengan daya tarik pulau kecil ini. Dari tahun ke tahun, Bali selalu mendapat posisi khusus di hati para penikmat liburan yang dibuktikan dengan catatan statistik yang mengagumkan.

Tapi apa sih sebenarnya yang menarik dari Bali? Untuk itulah anda harus menyimak ulasan tentang 10 tempat terfavorit di Bali yang paling banyak dikunjungi. Tidak hanya menawarkan keindahan, Bali akan mengejutkan anda dengan aneka ragam kebudayaan dan interaksi sosial masyarakatnya yang mendamaikan.

Berikut daftarnya untuk anda:

Pantai Kuta

Rasanya tidak lengkap bila datang ke Pulau Bali tanpa mengunjungi Kuta. Bisa dibilang, Kuta adalah destinasi yang wajib dikunjungi bila anda ke Bali. Terletak di kawasan Kabupaten Badung, sekitar 1.5 km dari Bandara Ngurah Rai, Kuta dapat dicapai kurang lebih 10 menit dari Bandara dan 20 menit dari Denpasar Kota. Sudah sejak tahun 70-an, Kuta menjadi basecamp para wisatawan yang mengunjungi kawasan pesisir selatan. Selain panorama matahari terbenam yang menjadi daya pikatnya sejak dulu, Kuta juga menyuguhkan pemandangan yang mengagumkan, yakni garis lengkung pantainya yang berbentuk bulan sabit dengan hamparan pasir putih sepanjang kurang lebih 2 km.

Pantai Kuta

Pantai Kuta

Daya tarik lainnya, Pantai Kuta memiliki deburan ombak yang besar, hingga kerapkali tempat ini menjadi arena perlombaan selancar tingkat nasional ataupun internasional. Di sini juga tersedia tempat-tempat penyewaan peralatan surfing sekaligus pemandu buat anda yang pemula. Selain itu, di sepanjang Pantai Kuta terdapat hotel, bar, kafe, mall, dan tempat hiburan malam yang sering dipadati para turis dari berbagai belahan dunia.

Pantai Sanur

Bila Kuta terkenal dengan sunset-nya, maka lokasi menikmati sunrise terbaik tepat ditujukan untuk Sanur. Terletak di sebelah timur Pulau Dewata, kurang lebih 10 km dari Bandara, Pantai Sanur menyuguhkan pemandangan matahari terbit paling eksotis yang pernah anda nikmati. Berkebalikan dengan Kuta, Pantai Sanur memiliki ombak yang tenang dan cenderung dangkal sehingga aktivitas surfing tidak cocok dilakukan di tempat ini. Kebanyakan pengunjung yang datang biasanya berenang, duduk-duduk di gazebo sembari menikmati jagung bakar, atau melakukan snorkeling dan seawalking dengan merogoh kocek yang lumayan.

Pantai Sanur

Pantai Sanur

Untuk memudahkan para wisatawan mencari penginapan dan rumah makan, kini di sepanjang pantai banyak berdiri hotel, restoran dan kafe. Selain itu juga terdapat kios-kios suvenir yang menjual berbagai macam barang kesenian dan oleh-oleh khas Bali.

Tanah Lot

Salah satu obyek wisata di Bali yang menawarkan keindahan pemandangan saat matahari terbenam adalah Tanah Lot. Pura ini terletak di pinggir pantai di wilayah Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, sekitar 30 km di sebelah barat Kota Denpasar. Berkat keunikan Pura yang terletak di tengah laut, kira-kira 300 meter dari bibir pantai, maka tak heran bila tempat ini menjadi lokasi favorit untuk foto pre-wedding di Bali.

Tanah Lot

Tanah Lot

Ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di tempat ini, salah satunya adalah berbelanja. Sebagai sebuah obyek wisata ternama, Tanah Lot telah dilengkapi dengan fasilitas parkir, toilet, restoran, hotel, pusat informasi, layanan sekuriti dan pasar seni. Dari areal parkir hingga ke kawasan Pura, anda akan menjumpai toko-toko yang menjajakan produk kerajinan lokal dan oleh-oleh kesenian khas Bali, seperti kain Bali, udeng, baju, sandal, patung, dsb.

Pura Uluwatu

Berlokasi di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Pura Uluwatu juga termasuk destinasi favorit para penikmat sunset terbanyak kedua setelah Tanah Lot. Hanya tiga puluh menit perjalanan ke arah Selatan dari Bandara Ngurah Rai, pengunjung bisa menyaksikan terbenamnya matahari di ufuk barat dari atas tebing berketinggian 97 meter di atas permukaan air laut.

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu

Uluwatu memang memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, berdiri kokoh di atas batu karang yang menjorok ke laut, menghadap laut lepas Samudera Hindia. Bukan hanya itu saja, di tempat ini para wisatawan juga akan disuguhi pagelaran tari tradisional Bali. Tari kecak yang dimainkan oleh 50 sampai 100 orang penari ini dipertunjukkan setiap hari setelah tenggelamnya matahari.

Pura Besakih

Mendapat predikat sebagai pura terbesar di Bali, tentu kurang pas rasanya bila liburan ke Bali tanpa mengunjungi obyek wisata ini. Pura Besakih yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem ini memang terkenal dengan kemegahan dan keindahan arsitekturnya. Letak pura ini bisa dikatakan strategis karena dapat diakses dengan mudah. Hanya berjarak 90 km, Pura Besakih dapat ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat Kota Denpasar.

Pura Besakih

Pura Besakih

Di area sekitar Pura ini, anda juga dapat menyalurkan hasrat berbelanja sepuasnya. Banyak toko suvenir yang menawarkan berbagai macam produk lokal dan kerajinan tangan khas Bali dengan latar keindahan pura. Bagi anda yang hobi berwisata kuliner juga tidak perlu khawatir. Di sepanjang jalan sebelum memasuki gerbang Pura terdapat banyak warung makan dan restoran yang menyediakan aneka menu dengan harga terjangkau.

Ubud

Terletak di Kabupaten Gianyar, Ubud menjadi lokasi wisata terfavorit di Bali selanjutnya. Dapat ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan dari Kota Denpasar, Ubud memang telah dikenal lama oleh para penikmat liburan, baik turis domestik maupun mancanegara. Saking indahnya, Ubud bahkan menjadi salah satu lokasi syuting film ternama Hollywood yang dibintangi artis legendaris Julia Roberts, Eat, Pray, Love.

Pasar Seni Ubud

Pasar Seni Ubud

Jika anda berjalan-jalan mengelilingi Ubud, anda akan mendapati banyak galeri seni dan sentra kerajinan lokal. Di tempat ini anda dapat menyelami berbagai sisi unik dan menarik dari tradisi masyarakat Bali. Berbagai kegiatan menyenangkan yang wajib anda lakukan bila mengunjungi Ubud, diantaranya: naik sepeda di tepi sawah Tegalalang, rafting di sungai Ayung, mengunjungi museum Antonio Blanco, berbelanja di Pasar Seni Ubud, bermain bersama kawanan kera di Monkey Forest, menonton pertunjukan tari Kecak di Pura Dalem dan menikmati kuliner spesial Bebek Bengil.

Dreamland

Dalam perjalanan ke Pura Uluwatu, anda akan menemukan satu pantai yang sama-sama terletak di Desa Pecatu. Pantai ini konon disebut-sebut sebagai the next Kuta Beach karena keindahan dan kepopulerannya yang nyaris menyamai Kuta. Namun tidak seperti Kuta yang mudah ditemukan, Dreamland memiliki lokasi yang tertutup oleh tebing-tebing tinggi dan karang terjal yang mengagumkan.

Dreamland

Dreamland

Hamparan pasir putih sepanjang pantai, air laut sebening kristal, serta ombak yang tinggi dan besar menjadikan Dreamland tempat favorit para wisatawan. Para peselancar dari berbagai belahan dunia bahkan menyebut pantai ini sebagai salah satu surfing spot terbaik di Bali. Bila anda tidak suka surfing, anda bisa berjemur sembari menikmati matahari terbenam, atau sekedar melihat atraksi para peselancar.

Tanjung Benoa

Tanjung Benoa adalah surga wisata air di Bali. Terletak di Kecamatan Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, 45 menit dari Kota Denpasar, Tanjung Benoa merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang seru dan menyenangkan. Berbatasan dengan Nusa Dua, tempat ini menyuguhkan pesona laut yang tenang dengan hamparan pasir putih membentang sehingga cocok dikunjungi saat liburan.

Tanjung Benoa

Tanjung Benoa

Sebagai pusat dari segala jenis olahraga air di Bali, maka ada banyak jenis permainan air yang bisa anda nikmati di sini, diantaranya: banana boat, parasailing, waterski, jetski, sea walker, scuba diving, flying fish, dan masih banyak lagi. Selain itu, pesona lain yang ditawarkan oleh Tanjung Benoa adalah Pulau Penyu, sebuah tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang sudah mulai langka.

Danau Beratan Bedugul

Satu lagi lokasi favorit para fotografer untuk foto pre-wedding adalah Danau Beratan Bedugul, yang merupakan danau terluas dan terbesar kedua setelah Danau Batur di Bali. Terdapat di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Danau yang memiliki kedalaman anatara 22-48 meter ini dikenal berhawa sejuk karena masih satu kawasan dengan kebun raya Bedugul. Pura Ulun Danu yang terletak di bagian ujung dari danau merupakan daya tarik utama yang menyempurnakan pesona tempat wisata ini.

Danau Beratan

Danau Beratan

Selain menyaksikan keindahan pura, di tempat ini anda juga bisa menikmati serangkaian olahraga air, seperti parasailing dan jetski. Selain itu anda juga dapat menyewa perahu tradisional atau perahu motor untuk mengarungi keindahan alam dan deretan perbukitan yang membentang luas di pinggiran danau. Tersedia juga rumah makan dan penginapan buat anda yang berencana menghabiskan liburan beberapa hari di sini.

 

Pasar Seni Sukawati

Saat jalan-jalan ke Bali, tidak nikmat rasanya bila tidak belanja oleh-oleh. Ada banyak tempat belanja di Bali, baik toko tradisional ataupun modern semua ada di sini. Namun, jika anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih saat berbelanja, atau sekedar melihat aktivitas para pedagang, pasar seni cocok menjadi tujuan wisata anda.

Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati terletak di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar, sekitar 45 menit dari Denpasar. Pasar ini sangat terkenal dikalangan wisatawan domestik dan mancanegara karena menjual pakaian dan kerajinan tradisional khas Bali dengan harga yang bisa ditawar. Meski kini kehadiran pasar jenis ini mulai meredup karena kalah saing dengan toko oleh-oleh ber-AC yang banyak bertebaran di Denpasar, tapi berbelanja di pasar seni sejatinya memiliki sensasi tersendiri terutama bagi anda yang ingin mendapatkan pengalaman berbeda saat liburan.

Jadi, siap mengunjungi tempat-tempat favorit ini saat ke Bali? Anda harus buktikan sendiri!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *