Ini Dia 12 Aktivitas Water Sports Yang Paling Digandrungi di Bali

Surfing

Untuk Anda penyuka pantai, tentu sayang sekali kalau tidak pergi ke Bali. Yup, Pulau Seribu Pura yang terkenal dengan suhu tropisnya ini memang jagonya dalam soal wisata pantai. Bali memang memiliki banyak pantai yang indah, dengan pasir putih dan laut kebiruan. Tapi jangan salah, pantai di Bali tidak hanya bisa digunakan untuk sekadar berenang atau menikmati matahari terbenam. 12 aktivitas pantai terbaik di Bali ini hanya diperuntukkan untuk Anda yang menggilai tantangan, dan ingin menikmati pantai dengan cara yang sama sekali tidak pernah Anda bayangkan.

Aktivitas Water Sports Yang Paling Digandrungi di Bali

Ini dia 12 aktivitas olahraga air yang patut Anda coba!

1. Surfing

Bali adalah surganya para peselancar. Surfing atau selancar adalah aktivitas water sport yang paling digandrungi di Bali. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang rela datang ke Bali hanya untuk merasakan gulungan ombak dan sensasi surfing di Pulau ini. Banyak spot menarik di sini yang layak dicoba. Mulai dari ombak kecil untuk pemula, hingga ombak besar untuk profesional semuanya ada.

Surfing

Surfing

Untuk Anda yang pemula, pantai Kuta bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain karena ombaknya tidak terlalu besar, ada banyak sekolah surfing dan penyewaan papan surfing di tempat ini. Lain lagi bila anda sudah terbiasa dengan gulungan ombak besar, maka Uluwatu dan Canggu layak menjadi pilihan. Uluwatu sering menjadi lokasi kompetisi surfing internasional karena tinggi gelombangnya bisa mencapai 8 meter. Sedangkan Canggu memiliki pesona pasir hitam paling memikat, serta terkenal dengan debur ombaknya yang konsisten dan panjang.

2. Scuba Diving

Aktivitas menyelam di Bali tentunya sudah tidak asing lagi. Terutama bagi Anda yang takut untuk berhadapan dengan ombak secara langsung, scuba diving dapat menjadi alternatif yang sempurna. Ada beberapa tempat menyelam di Bali yang terkenal dengan pemandangan bawah lautnya, yakni Pulau Menjangan, Sanur, Amed Karangasem, Amuk Bay, Pantai Tanjung Benoa dan Tulamben. Pantai Tanjung Benoa lebih ramai didatangi wisatawan, karena selain dekat dengan bandara, juga berada di pusat rekreasi Bali Selatan.

Scuba Diving

Scuba Diving

Untuk melakukan aktivitas ini, Anda tidak perlu bisa berenang. Anda akan diberikan peralatan diving komplit, seperti tabung oksigen, pakaian selam, masker, dan banyak lagi. Sebelum menyelam, Anda akan di-briefing tentang cara menyelam, serta teknik pernapasan. Satu orang instruktur berpengalaman akan menemani Anda di bawah lautan. Batas minimum usia yang diperbolehkan untuk melakukan diving adalah 10 tahun. Anda akan diberikan waktu sekitar 45 menit untuk menikmati cantiknya terumbu karang dan ikan-ikan hias. Menyenangkan, bukan?

3. Snorkeling

Snorkeling adalah aktivitas berenang sambil melihat pemandangan bawah laut. Perbedaannya dengan scuba diving, di sini peserta tidak menyelam, melainkan mengapung di permukaan dengan menggunakan kacamata selam, yang dilengkapi dengan snorkel atau corong bantu pernapasan.

Snorkeling

Snorkeling

Sebelumnya Anda akan diberikan pengarahan tentang aturan main, terutama cara mengatur napas, karena Anda akan bernapas melalui mulut. Pemandu yang sudah terlatih akan menemani Anda selama satu jam untuk menikmati aneka terumbu karang yang masih asli, juga ikan hias yang berwarna-warni. Aktivitas ini sangat didukung oleh air laut yang tenang dan ombak Pantai Tanjung Benoa yang tidak begitu besar. Jadi, tertarik mencoba?

4. Wakeboarding

Apakah Anda penggila tantangan? Ataukah Anda sedang bosan dan ingin main air yang lebih memacu adrenalin? Kalau iya, berarti Anda harus mencoba wakeboarding. Ini adalah salah satu olahraga air yang cukup populer dan unik karena menggabungkan konsep skateboarding dan surfing. Umumnya para wakeboarder sering melakukan aktivitas ini di laut. Mereka berdiri di atas papan wakeboard, memegang seutas tali dan ditarik speed boat dengan kecepatan rata-rata 25 km/jam.

Wakeboarding

Wakeboarding

Namun bila Anda masih pemula, datanglah ke Bali Wake Park yang berada di Jalan Pelabuhan Benoa No 7X, Pesanggaran, Benoa, Denpasar. Ini adalah tempat arena water sport yang menawarkan aktivitas wakeboarding di atas danau buatan seluas lima hektar. Bali Wake Park menjadi arena olahraga air pertama di Bali yang menggunakan cable system, di mana wakeboarding bisa dilakukan kapan saja tanpa peduli pada cuaca atau kondisi ombak. Olahraga ini dapat dimainkan dari umur 6 sampai 70 tahunan.

5. Sea walking

Pernahkah Anda punya keinginan untuk berjalan-jalan santai di dasar lautan bersama ikan-ikan dan terumbu karang? Jika iya, Anda harus mencoba aktivitas sea walking. Aktivitas ini dapat dilakukan di Pantai Sanur atau Pantai Tanjung Benoa, kurang lebih 30 kilometer dari Bandara.

Sea Walking

Sea Walking

Untuk melakukan sea walking, Anda tidak harus bisa berenang atau punya keahlian menyelam. Anda akan diberikan helm khusus yang sudah dilengkapi kaca bening, dan sudah dialiri oksigen murni. Sebelum boat membawa Anda ke tengah laut, para instruktur akan memberikan sedikit pengarahan tentang cara menyelam, teknik pernapasan, serta hal-hal yang harus diperhatikan di dasar laut. Setelahnya Anda akan menuruni tangga hingga kedalaman 5-7 meter. Selama 30 menit di dasar laut, Anda bebas berjalan-jalan, memberi makan ikan-ikan, dan bahkan berfoto-foto dengan terumbu karang. Sungguh mengasyikkan!

6. Parasailing

Layaknya burung yang terbang di udara, aktivitas parasailing tentulah wajib untuk dicoba. Parasailing adalah aktivitas olahraga air di mana Anda akan memakai payung parasut dan ditarik oleh speed boat mengelilingi Pantai Tanjung Benoa. Panjang tali parasut dengan speed boat sekitar 80 meter, yang membuat Anda merasakan sensasi seorang penerjun payung.

Parasailing

Parasailing

Sebelum mencoba permainan parasailing, wisatawan akan diberikan pengarahan oleh pemandu, mulai dari pengenalan alat, posisi berdiri sebelum terbang, dan tentunya teknik sebelum mendarat. Payung parasut yang digunakan akan disesuaikan dengan ukuran berat badan penumpang, dengan warna payung yang bisa dipilih sendiri. Semua peralatan yang disediakan sudah memenuhi standar internasional dan pemandu akan dengan senang hati menemani saat terbang di udara bila Anda belum berani terbang sendiri.

7. Jet Ski

Sensasi mengendarai motor cross di lautan tentu akan sangat mengasyikkan. Untuk itulah Anda harus mencoba jet ski di Tanjung Benoa. Ini adalah aktivitas mengendarai kendaraan bermotor di air, seperti layaknya mengendarai sepeda motor di jalan raya.

Jet Ski

Jet Ski

Sebelum aktivitas mengendarai jet ski dimulai, Pemandu akan memberi pengarahan mengenai mesin, gas, rem, dan teknik mengendarai di atas air. Saking banyaknya aktivitas water sport di Tanjung Benoa, Anda akan ditemani pemandu sampai ke tengah laut untuk menghindari tabrakan dengan pengguna lalu lintas laut lainnya. Sesampainya di tengah, Anda bisa mencoba sendiri dengan syarat dilarang memacu jet ski dengan kecepatan tinggi. Aktivitas ini akan berlangsung selama 15 menit.

8. Flying Fish

Flying fish masih tergolong permainan yang paling baru di Bali. Ini adalah aktivitas permainan air dengan menggunakan perahu karet yang bentuknya seperti ikan terbang. Jadi tiga buah banana boat dijadikan satu dengan tambahan rubber boat melintang di depannya, dan ada semacam sayap di samping kanan-kirinya.

Flying Fish

Flying Fish

Flying fish dimainkan maksimal oleh tiga orang, yakni 2 orang penumpang di sisi kanan dan kiri, serta satu instruktur di tengah-tengah. Pemandu akan memberikan pengarahan tentang posisi yang tepat di atas perahu, yaitu bisa berdiri seperti mengendarai sepeda motor atau tidur telentang. Selanjutnya flying fish akan ditarik oleh speed boat berkecepatan tinggi dengan jalur melawan arah angin jadi akan terbang hingga dua meter di atas air tergantung kecepatan angin. Pasti mengasyikkan.

9. Water Ski

Satu lagi wisata bahari untuk Anda yang berjiwa petualang adalah water ski. Meski Bali tidak memiliki pegunungan bersalju, Anda tetap bisa bermain ski, yakni dengan menginjak sebuah board dan ditarik oleh speed boat.

Water Ski

Water Ski

Aturan mainnya mudah saja. Anda akan berdiri di atas papan dan memakai sepatu yang melekat pada papan itu. Sambil memegang tali sepanjang kurang lebih 3 meter, yang diikatkan di bagian belakan speed boat, Anda akan ditarik berkeliling Pantai Tanjung Benoa. Permainan ini akan berlangsung selama 15 menit untuk satu kali putaran, yang biasanya dilakukan mulai dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang. Lebih dari waktu itu tidak bisa dilakukan karena air laut sudah surut, sehingga speed boat tidak bisa digunakan untuk menarik papan selancar.

10. Flyboarding

Anda ingin bisa terbang melesat ke udara seperti Iron Man? Kalau iya, tentu aktivitas yang satu ini patut Anda coba. Flyboarding merupakan salah satu olahraga air yang cukup ekstrim dan menantang. Anda akan disediakan papan khusus seperti wakeboard dengan sepasang sepatu yang sudah melekat, kemudian Anda akan didorong oleh air bertekanan tinggi sehingga Anda akan terbang di atas permukaaan air layaknya superhero. Keren, bukan?

Flyboarding

Flyboarding

Permainan ekstrim ini menjadi salah satu atraksi baru yang paling menantang di Tanjung Benoa, dan tidak semua provider memilikinya. Jadi bila Anda ingin menikmati sensasi melayang hingga 10 meter di atas permukaan air, ada baiknya bila memesan lebih awal. Para instruktur yang terlatih akan memberikan pengarahan tentang penyesuaian penggunaan alat  dan pengontrolan yang sebenarnya cukup mudah jadi siapapun bisa mencoba.  Sensasi terbang di atas air ini akan berlangsung selama 15 menit.

11. Rolling Donut

Jika kita berkunjung ke obyek wisata Tanjung Benoa Bali, kita akan diperkenalkan oleh permainan rolling donut. Tapi jangan membayangkan permainan membuat donat atau memakan donat, karena rolling donut adalah salah satu permainan rekreasi air yang masih tergolong baru.

Rolling Donut

Rolling Donut

Untuk menikmati permainan ini, Anda diharuskan menaiki sebuah perahu karet yang bentuknya seperti donat. Selanjutnya Anda akan ditarik oleh speed boat untuk mengelilingi pantai, dengan jarak antara speed boat dan perahu donat sekitar 5 meter. Jumlah penumpang di sisi kanan dan kiri harus seimbang, yakni antara dua atau empat orang. Permainan ini akan berlangsung selama 15 menit untuk satu kali putaran.

12. Banana Boat

Apa aktivitas water sport yang paling sering dimainkan di Tanjung Benoa? Jawabannya pastilah banana boat.  Ini adalah sebuah permainan rekreasi air, dengan menggunakan perahu karet yang berbentuk pisang dan berukuran besar.

Banana Boat

Banana Boat

Banana boat dapat ditumpangi oleh empat orang penumpang dan satu orang pemandu. Layaknya menunggang kuda, perahu akan ditarik oleh speed boat untuk berputar-putar di Pantai Tanjung Benoa selama 15 menit. Anda juga bisa meminta atraksi tambahan pada pemandu untuk membalikkan perahu. Sensasi tercebur ke laut bersama keluarga dan teman-teman itu pasti seru. Berani mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *