Ingin Liburan Anda dan Pasangan Lebih Berkesan? 10 Aktivitas di Bali Ini Perlu Anda Lakukan!

Pulau Dewata memang menyimpan seribu pesona. Keindahannya menyihir siapa saja, baik muda ataupun tua, baik Indonesia maupun mancanegara. Terlebih bila anda ingin menghabiskan liburan bersama pasangan, datang ke pulau ini tentu sangat dianjurkan. Ada banyak tempat seru dari Ubud hingga Canggu untuk menjadi kenangan bagi anda berdua. Anda boleh memilih dinner di restoran romantis, atau berjalan-jalan di pantai dengan pemandangan karang dan bukit yang eksotis–Bali punya semua. Tidak heran bila banyak pasangan yang sudah mengikat janji sehidup semati di pulau ini. Para fotografer berbondong-bondong datang untuk melakukan pemotretan. Para wisatawan memenuhi pulau ini setiap liburan dan akhir pekan. Jadi, tunggu apalagi? Check this out!

Aktivitas Liburan di Bali dengan Pasangan

Aktivitas Liburan di Bali dengan Pasangan

1. Menikmati Ombak di Pantai Padang-Padang

Yup… Bali memang memiliki banyak pantai, semuanya indah dan berkesan untuk dikunjungi bersama pasangan. Tapi bagi anda yang sudah familier dengan Sanur dan Kuta, mungkin anda bosan dan ingin merasakan suasana yang berbeda. Nah, untuk itulah anda harus berkunjung ke pantai ini. Pantai Padang Padang bisa dibilang salah satu dari pantai terindah di Bali. Letaknya tidak jauh dari Garuda Wisnu Kencana di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Latar belakang perbukitan yang rindang dan terjalnya batu karang adalah ciri khas pantai ini.

Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang

Untuk menuju bibir pantai, anda harus melewati jalan yang menyerupai goa dan puluhan anak tangga. Berbeda dengan Kuta, pantai ini mungkin tidak terlalu besar, namun kejernihan air dan kilauan pasir putihnya akan memanjakan mata anda. Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di sini bersama pasangan, yakni berenang, berjalan-jalan sembari berpegangan tangan, atau berjemur sambil menikmati matahari terbenam. Kalau grup musik terkenal dunia Michael Learns To Rock dan Julia Roberts lewat film Hollywood-nya Eat, Pray, Love saja melakukan syuting di tempat ini, tidakkah anda ingin melakukannya juga? Potret kebersamaan anda dan nikmati pantainya!

2. Menonton Sunset dan Kecak di Pura Uluwatu

Masih di Desa Pecatu, kurang lebih 45 menit dari Denpasar, sayang sekali rasanya kalau anda dan pasangan tidak berkunjung ke tempat ini. Pura Uluwatu bisa dibilang salah satu dari pura paling menakjubkan di Bali. Terletak di atas sebuah bukit karang, dengan ketinggian hampir mencapai 97 meter di atas permukaan laut, gemuruh ombak lautan yang menghantam tembok tebing akan langsung memesona anda berdua.

Sunset dan Kecak di Pura Uluwatu

Sunset dan Kecak di Pura Uluwatu

Datanglah saat sore hari, karena selalu ada pertunjukan tari Kecak di tempat ini. Ini adalah tarian tradisional Bali yang dimainkan oleh 50-100 orang penari. Biasanya tarian Kecak Uluwatu dipentaskan pada pukul 18.00 sampai 19.00 WITA dan lakon yang yang diceritakan biasanya diambil dari cerita Ramayana. Bayangkan cerita Rama dan Sinta dimainkan saat matahari terbenam di cakrawala dan dilatarbelakangi oleh hamparan biru Samudera Hindia, romantis bukan?

3. Makan Seafood di Pantai Jimbaran

Kalau Bali terkenal dengan pantainya, maka seafood-nya sudah pasti juara. Apalagi buat anda yang suka kulineran dan ingin suasana makan yang romantis beratapkan bintang-bintang, Jimbaran layak menjadi pilihan. Selain keindahan pantai berpasir putih dan sunset-nya yang melegenda, Jimbaran juga terkenal dengan aneka menu hidangan lautnya. Pilihan lobster, kerang, udang, kepiting dan aneka ikan segar dibakar dengan racikan sambal yang menggugah selera.

Cafe Seafood Jimbaran

Cafe Seafood Jimbaran

Biasanya pengunjung tidak makan di dalam restoran atau warung melainkan di jejeran meja yang yang diletakkan di atas pasir pantai. Jadi anda dan pasangan bisa menikmati aneka seafood yang penuh citarasa sembari ditemani semilir angin laut dan deburan ombak. Apalagi bila matahari mulai terbenam, senja kemerahan di cakrawala akan mempercantik tatanan meja yang penuh lilin-lilin menyala. Hidangan lezat ditambah panorama laut yang memikat, luar biasa bukan?

4. Bersepeda di Bukit Campuhan

Berlibur di Bali rasanya tidak afdol kalau tidak mampir ke Ubud. Ini adalah daerah favorit turis mancanegara karena disinilah mereka bisa menikmati Bali yang sebenarnya. Areal pesawahan yang luas, bukit hijau yang asri, serta desa budaya yang penuh para pengrajin dan pemahat adalah beberapa daya tarik utama Ubud.

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan

Untuk mengeksplor kultur kehidupan lokal Ubud yang ramah sembari menikmati bentang alamnya yang indah, bersepeda di Bukit Campuhan sangat disarankan. Selain menyehatkan badan, aktivitas ini juga bisa meningkatkan kualitas kebersamaan anda bersama pasangan. Anda bisa menyewa sepeda di kios-kios kecil di sekitar Ubud Palace dengan harga sewa rata-rata 15 ribu rupiah perhari, dan langsung menuju jalur trekking di belakang Hotel Campuhan. Bukit Campuhan sering menjadi rute Ubud Cycling Tour karena panorama petak-petak sawah dan suara alamnya yang mengesankan.

5. Makan Siang di Tepi Sawah

Makan siang di restoran itu biasa, tapi kalau langsung menghadap areal persawahan itu baru beda. Jadi mumpung anda dan pasangan sedang berada di Ubud, menikmati kuliner lokal dengan citarasa internasional di tengah-tengah petak-petak sawah yang menyejukkan tentu bisa dibilang pengalaman yang berkesan. Anda bisa mampir ke Bebek Tepi Sawah, restoran dengan menu andalan Bebek Crispy yang melegenda.

Bebek Tepi Sawah

Bebek Tepi Sawah

Satu porsi Cripy Duck itu terdiri dari bebek goreng, nasi putih, sayur kacang panjang, krupuk udang, irisan jeruk dan semangka, serta sambal. Ada tiga macam sambal yang disajikan, yakni sambal matah, sambal goreng dan sambal terasi. Anda bisa memilih untuk duduk di area restoran atau di gazebo pinggir sawah. Ditemani panorama sawah yang memikat tentu makan siang anda akan terasa lebih nikmat.

6. Candle Light Dinner di Pinggir Sungai

Bila tadi anda sudah makan siang di tepi sawah, bagaimana bila sekarang mencoba makan malam di pinggir sungai? Ubud Bali memang memiliki seribu pesona, termasuk diantaranya adalah restoran Swept Away at The Samaya. Restoran ini selalu berada di daftar teratas sebagai tempat dinner paling romantis. Bagaimana tidak romantis bila anda dan pasangan bisa bersantap langsung di bawah langit malam, di atas dek kayu dan di antara pepohonan rindang. Bukan itu saja, sungai ayung mengalir deras di bawah meja anda, dengan lilin-lilin cantik yang menyala di atas batu-batunya.

Swept Away at The Samaya

Swept Away at The Samaya

Restoran ini berlokasi di Banjar Baung, Desa Sayan, Ubud, menyajikan aneka menu Asia dan internasional yang menggugah selera. Suasana di sini sangat tenang, dengan pohon-pohon palm yang tumbuh subur di sekitar dan suara gemericik air sungai yang menyegarkan. Bila hari mulai gelap, 100 lilin dinyalakan di atas batu-batuan sungai yang berserakan, menciptakan kesan cantik dan romantis. Restoran ini sangat tepat untuk pengalaman bersantap bersama pasangan.

7. Horse Riding di Canggu

Salah satu kegiatan bersama pasangan yang mengasyikkan sekaligus berkesan adalah naik kuda. Anda bisa berkuda bersama pasangan melewati medan persawahan dan pedesaan lalu berakhir di pantai dengan siluet matahari terbenam, romantis bukan? Aktivitas horse riding seperti itu bisa anda temukan di Canggu.

Horse Riding di Canggu

Horse Riding di Canggu

Canggu adalah daerah berkembang di Bali yang sudah menjadi spot ideal para peselancar. Pantainya, Echo Beach yang menawarkan gelombang panjang dan spot sunset yang mengagumkan kini sudah mulai dilirik oleh para wisatawan. Namun anda bisa merasakan sensasi liburan berbeda dengan cara naik kuda. Ada banyak jasa horse riding di Canggu dengan berbagai macam paket perlengkapan dan pemandu. Jadi tidak masalah bila anda masih pemula, karena fasilitas-fasilitas yang ada akan membuat anda merasa aman dan terjaga. Selain sebagai hiburan, aktivitas ini juga bisa dianggap relaksasi. Akan semakin romantis kalau anda menyewa satu kuda untuk berdua. Berani mencoba?

8. Mengikuti Kursus Memasak

Bali tidak hanya terkenal dengan wisata alam, budaya dan pantainya, tetapi juga dengan makanannya. Apakah anda setuju? Bila memang iya, kenapa tidak mencoba mengikuti kursus memasak singkat bersama pasangan saat liburan? Kegiatan ini selain bisa menambah wawasan soal makanan, juga bisa meningkatkan kadar pemahaman. Anda berdua bisa memahami urusan dapur dengan baik hingga bisa saling membantu satu sama lain.

Anika Cooking Class

Anika Cooking Class

Yang paling direkomendasikan adalah Anika Cooking Class di daerah Tuban. Kursus ini menawarkan sesi memasak masakan tradisional Bali di dapur yang berdesain modern. Setiap pagi anda akan diajak mengelilingi pasar tradisional Kuta untuk diberikan tips bagaimana cara memilih aneka bumbu dan bahan makanan yang segar. Selain diajarkan untuk mengenali bumbu, alat-alat dapur dan proses memasak, juga ada acara makan-makan bersama. Makanan yang sudah dimasak nantinya akan dicicipi, dikomentari dan diberi masukan. Sangat bermanfaat!

9. Berjalan-jalan di Dasar Laut

Jalan-jalan di daratan mungkin sudah biasa, tapi bukan Bali namanya kalau tidak bisa memberikan yang berbeda. Pantai Sanur dan Tanjung Benoa menawarkan aktivitas berjalan di dasar laut bernama Bali Seawalker. Kegiatan ini sangat cocok bagi penggemar wisata laut pemula, karena anda tidak harus bisa berenang atau punya keahlian menyelam. Anda akan diberikan helm khusus yang sudah dilengkapi kaca bening dan oksigen murni.

Bali Seawalker

Bali Seawalker

Sebelum menyelam ke dasar laut, para instruktur yang terlatih akan memberikan pengarahan tentang hal-hal yang harus diperhatikan selama berada di dasar laut. Pada saat sudah di dasar, anda akan diberi kebebasan untuk memberi makan ikan-ikan hias dan berfoto. Inilah momen tiga puluh menit yang mengesankan itu. Sembari berpegangan tangan, anda dan pasangan bisa saling merekam interaksi kalian di dasar laut bersama ikan dan aneka terumbu karang. Sungguh romantis, bukan?

10. Memanjakan diri di Spa

Setelah lelah berjalan-jalan seharian dan beraktivitas bersama pasangan di luar ruangan, tidak ada salahnya untuk memanjakan diri dengan melakukan sedikit relaksasi. Nah mumpung sedang ada di Bali, maka solusi terbaik adalah pergi ke Spa. Bali disebut-sebut sebagai surganya pecinta spa. Bahkan khusus untuk bidang kecantikan, Bali kerap dinobatkan sebagai salah satu tempat dengan layanan spa terbaik di dunia.

Spa di Bali

Spa di Bali

Spa di Bali umumnya dibangun di tengah-tengah nuansa alam yang indah dan mengagumkan. Untuk spa di daerah Seminyak, Legian dan Nusa Dua, biasanya mereka menawarkan aneka treatment, seperti akupuntur, aesthetic, foot reflexology dan body srub dengan pemandangan langsung menghadap pantai. Untuk daerah Ubud, spa biasanya dibangun menghadap lembah, gunung, sungai dan petak sawah dengan paket perawatan pijat lengkap, seperti Balinese traditional massage, hot stone massage, face massage, dll. Bahannya pun bervariasi, mulai dari minyak tradisional, cokelat sampai anggur merah. Anda dan pasangan bisa mengistirahatkan tubuh sejenak sebelum memulai kembali aktivitas liburan.

Jadi, anda sudah menentukan pilihan? Lakukan saja semua, dijamin liburan anda akan makin berkesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *